BI Rate Tetap 6,5%

Kepala Biro dan Hubungan Masyarakat Bank Indonesia Difi A. Johansyah dalam siaranya persnya menyebutkan, Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 4 Maret 2010 memutuskan untuk mempertahankan BI Rate pada level 6,5%. Keputusan diambil setelah mempertimbangkan bahwa BI Rate pada tingkatan tersebut dipandang masih konsisten dengan pencapaian sasaran inflasi tahun 2010 dan 2011 sebesar 5% ± 1% serta masih kondusif bagi upaya memperkuat proses pemulihan perekonomian, stabilitas keuangan, serta intermediasi perbankan.

Dewan Gubernur berpendapat, pemulihan ekonomi domestik terus berlangsung dan cenderung lebih baik dari perkiraan diawal tahun. Di samping konsumsi swasta yang tetap meningkat, kinerja ekspor mulai mencatat pertumbuhan yang positif sejalan dengan semakin membaiknya prospek pemulihan ekonomi dunia. Peningkatan ekspor tidak hanya terjadi pada komoditas pertambangan dan pertanian, tetapi juga ekspor komoditas manufaktur mulai mengalami peningkatan, baik ke negara-negara Asia maupun ke Amerika Serikat. Perkembangan ini mendukung pertumbuhan di sektor industri dan sektor perdagangan yang lebih tinggi dari perkiraan.

Perbaikan kinerja sektor eksternal tersebut juga tercermin pada surplus transaksi berjalan pada Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) yang cukup besar. Arus modal luar negeri yang masuk juga relatif besar sejalan dengan cukup kuatnya keyakinan investor internasional terhadap kondisi fundamental perekonomian domestik yang membaik. Dengan perkembangan ini, cadangan devisa Indonesia sampai dengan akhir Februari 2010 mencapai USD 69,7 miliar atau setara dengan 5,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. (Penulis Lukman Hakim Zuhdi. Tulisan ini dimuat di Tabloid INDONESIA MONITOR, Edisi 88 Tahun II, 10-16 Maret 2010, halaman 29)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s