BI Kecewa Pada Pansus Century

Selasa (23/02) malam, Panitia Khusus (Pansus) angket kasus Century DPR RI mengeluarkan pendapat akhir. Empat dari sembilan fraksi menyebutkan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono diduga sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam kasus Bank Century. Terkait dengan pandangan akhir fraksi tersebut, Bank Indonesia (BI) secara resmi mengaku kecewa.

Direktur Direktorat Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat Dyah N.K. Makhijani mengatakan, BI menyesalkan bahwa sebagian besar pandangan fraksi tersebut mengabaikan fakta dimensi krisis yang menjadi dasar kebijakan BI dan pemerintah saat itu. BI juga menyesalkan bahwa proses investigasi yang terjadi di dalam Pansus terlalu difokuskan kepada aspek kebijakan dan gagal mengungkap dugaan adanya aliran dana Bank Century yang menjadi tujuan awal dibentuknya Pansus.

Dyah N.K. Makhijani menambahkan, BI meyakini bahwa kebijakan-kebijakan yang diambil dalam menangani Bank Century sejak merger hingga dilakukan penyelamatan serta pelaksanaannya dilakukan dengan itikad baik. Selain itu, kebijakan BI telah didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan profesional yang terbaik pada saat keputusan itu diambil, dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah hukum yang berlaku. Namun, lebih dari itu, BI akan tetap mengikuti perkembangan lebih lanjut penanganan kasus Bank Century, termasuk jika berlanjut kepada proses hukum. (Penulis Lukman Hakim Zuhdi. Tulisan ini dimuat di Tabloid INDONESIA MONITOR, Edisi 87 Tahun II, 3-9 Maret 2010, halaman 29)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s