Produk-Produk Unggulan BSB

Penulis Lukman Hakim Zuhdi

Setiap bank, baik bank konvensional maupun bank syariah, punya produk unggulan masing-masing, tak terkecuali Bank Syariah Bukopin. BSB hadir dengan mengusung berbagai jenis tabungan yang menguntungkan nasabahnya.

Usia PT Bank Syariah Bukopin (BSB) tergolong belia. Lumrah kiranya jika bank syariah yang mulai beroperasi 27 Oktober 2008 ini kini tengah gencar memperkenalkan dirinya kepada masyarakat luas. Kepala Divisi Pengembangan dan Supervisi Bisnis Cabang PT Bank Syariah Bukopin Noor Cholis mengatakan, bank yang mempunyai misi memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah dan memfokuskan pengembangan usaha pada sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) ini memang sedang giat memromosikan berbagai produk unggulannya.

“Ada beberapa produk yang menjadi andalam kita, di antaranya Tabungan iB SiAga, Tabungan iB Rencana, dan Tabungan iB SiAga Bisnis. Kita akan terus kembangkan produk tabungan BSB, sehingga ada peningkatan volume yang signifikan,” kata Noor Cholis kepada Indonesia Monitor di Gedung BSB Salemba, Jakarta, Rabu (17/02).

Noor Cholis mengemukakan, Tabungan iB SiAga merupakan simpanan dalam mata uang rupiah yang penyetoran dan penarikannya dapat dilakukan sewaktu-waktu, baik di BSB maupun dioutlet jaringan yang sudah bekerjasama dengan BSB. Akad yang digunakan adalah wadiah yad dhamanah, yang berarti mustawda (bank) dapat memanfaatkan, mengelola, dan menyalurkan dana yang disimpan untuk keperluan produksi serta menjamin bahwa dana tersebut dapat ditarik setiap saat oleh muwwadi (nasabah).

“Jenis tabungan ini diperuntukan bagi perorangan. Setiap penabung akan diberikan kartu ATM. Dengan fasilitas kartu ATM, nasabah bisa melakukan pembayaran tagihan listrik, PAM, telepon, seluler, PBB serta keperluan lainnya, termasuk sarana penyaluran zakat, infaq, dan shadaqah. Pendek kata, Tabungan iB SiAga hadir guna memudahkan bagi orang-orang dalam bertransaksi,” tukasnya.

Dalam menginvestasikan dana dari penabung, sambung Noor Cholis, umumnya bank akan memperoleh hasil. Dari hasil itu, selanjutnya bank bisa memberikan bonus kepada penabung. Namun, bonus tidak diperjanjikan diawal, karena ini bukan perjanjian yang mengikat kedua belah pihak, melainkan sepihak (dari bank saja).

“Jika bonus dijanjikan diawal, kita takut nanti sama dengan bunga yang ada dibank konvensional dan itu tidak sesuai syar’i. Bonusnya berupa uang yang langsung dimasukan kerekening penabung setiap bulan. Sebelumnya BSB tidak memberi tahu kepada penabung. Tapi kalau penabung tanya, petugas BSB akan menjelaskan soal bonus itu. Syarat penabung yang memperoleh bonus harus dilihat pada saldo rata-ratanya,” terang Noor Cholis.

Untuk tabungan yang bersifat saving, bukan untuk transaksi, Noor Cholis menyebut bahwa BSB memiliki Tabungan iB Rencana. Ini jenis tabungan berjangka dengan potensi bagi hasil yang kompetitif guna memenuhi kebutuhan penabung di masa mendatang sekaligus memberikan manfaat proteksi asuransi jiwa gratis. Dengan kata lain, tabungan yang pencairannya sesuai dengan perencanaan si penabung. Tabungan iB Rencana dibagi dua, yakni tabungan pendidikan dan tabungan multiguna.

Lebih lanjut Noor Cholis menjelaskan, tabungan pendidikan bermanfaat demi kepastian dana untuk pendidikan anak sesuai rencana. Jika si penabung rajin menabung, maka ketika anaknya lulus SD, SMP, SMU, atau Perguruan Tinggi, dananya bisa dicairkan. Sedangkan tabungan multiguna diperuntukan bagi perencanaan penabung dalam memenuhi keperluan apa saja sebagai investasi masa depannya.

“Misalnya penabung ingin menunaikan ibadah umroh. Terus dia menabung Rp 200.000 perbulan dan jangka waktunya lima tahun. Nah, pada saat akhir jatuh tempo, maka uangnya bisa dicairkan. Pencairan dana pendidikan dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan jenjang pendidikan, minimal setelah 3 tahun menabung. Sedangkan pencairan dana multiguna hanya dapat dilakukan diakhir kontrak,” tandasnya.

Tabungan iB Rencana yang diperuntukan bagi perorangan ini menggunakan akad mudharabah mutlaqah. Mudharabah mutlaqah artinya bank (mudharib) diberikan kuasa penuh oleh nasabah (shahibul maal) untuk menggunakan dana tersebut tanpa larangan maupun  batasan. Di samping itu, bank wajib memberitahukan kepada nasabah mengenai bagi hasil keuntungan (nisbah) yang diperoleh dan risiko yang timbul serta ketentuan penarikan dana sesuai dengan akadnya.

“Artinya, di situ ada perjanjian kedua belah pihak,” ujar Noor Cholis.

Selain menggarap nasabah perorangan, ungkap Noor Cholis, BSB juga merangkul nasabah joint account dan perusahaan, baik usaha yang berbadan hukum maupun non badan hukum, dengan menyediakan produk bernama Tabungan iB SiAga Bisnis. Tabungan jenis ini menggunakan prinsip mudharabah mutlaqah, sehingga nasabah memperoleh kepastian bagi hasil. Keuntungan yang diperoleh pemilik tabungan ini antara lain kemudahan bertransaksi melalui seluruh outlet BSB, Bank Bukopin, fasilitas e-banking BSB serta ATM bank manapun.

“Kelebihan lainnya, dibuku tabungan nasabah akan diberi keterangan transaksi. Maksudnya, penabung bisa melihat siapa atau perusahaan mana yang telah mengirimkan dana. Jadi, ini seperti rekening giro, tapi keterangannya tidak sebanyak rekening giro. Tabungan iB SiAga Bisnis cocok untuk para pedagang dan pemodal gede,” Noor Cholis berpromosi.

Kendati getol memasarkan produknya, Noor Cholis mengakui, jaringan BSB memang masih terbatas. Hingga saat ini, BSB baru memiliki delapan kantor cabang, empat kantor cabang pembantu, dan 29 office/windows chaneling. Ini secara tidak langsung berpengaruh pada produk-produk yang ditawarkan oleh BSB kurang memasyarakat. Karena itu, pada tahun  ini BSB berencana menambah dua kantor cabang, tiga kantor cabang pembantu, dan 33 office/windows chaneling.

“Tapi, kita sudah online dengan seluruh outlet Bank Bukopin sebagai pemegang saham mayoritas BSB. Artinya, kalau nasabah BSB ingin menarik dananya di Bank Bukopin, itu bisa dilayani,” pungkasnya. (Tulisan ini dimuat di Tabloid INDONESIA MONITOR, Edisi 86 Tahun II, 24 Februari-2 Maret 2010, halaman 31)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s