Menjalani Pola Hidup Sehat

Penulis Lukman Hakim Zuhdi

Menjaga dan merawat diri perlu diperhatikan setiap orang demi mendapatkan kesehatan prima sekaligus memperpanjang usia hidup aktif. Kesadaran akan pentingnya hidup sehat harus ditanamkan dalam diri dan pikiran agar fisik tetap sehat, segar dan bugar. Pada dasarnya, tubuh kita mempunyai sistem kekebalan yang mampu melindungi badan dari serangan penyakit. Namun, seringkali sistem kerja dalam tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya dikarenakan berbagai hal. Akibatnya, stamina tubuh menurun dan rentan terkena penyakit. Apalagi, banyak faktor di luar tubuh yang menjadikan kita mudah ambruk, seperti polusi dimana-mana dan penggunaan aneka bentuk teknologi yang acap kali menyisakan problem baru. Berikut ini delapan langkah untuk menjalani pola hidup sehat.

Pertama, mengonsumsi sayuran dan buah-buahan segar setiap hari. Jika mau, kita bisa mengolah sayur dan buah-buahan dengan cara yang berbeda-beda, misalnya membuat jus. Bila hari demi hari kita makan sayur buahmayur hijau karena beranggapan bahwa yang serba hijau pasti bagus, sesekali perlu variasi menyantap sayuran dan buah-buahan tidak berwarna hijau, seperti tomat, wortel, jagung muda, paprika merah (sebagai sayur), pisang, mangga, apel, dan jeruk (sebagai pencuci mulut). Sayur dan buah-buahan tidak hanya memperlancar saluran usus, mencegah kostipasi dan cikal-bakal kanker, melainkan menyehatkan jantung dan memberikan nutrisi yang lebih pada tubuh dan otak. Begitu pula dengan manfaat sayuran.

makanan bergiziKedua, makan teratur dengan gizi seimbang sesuai tingkatan umur. Tubuh yang sehat tidak terlepas dari asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Pagi hari kita sebaiknya sarapan supaya produktivitas kerja tidak terpengaruh. Sarapan sehat adalah makanan ringan yang cukup gizi, seperti segelas susu, jus buah atau makanan siap saji yang kaya gizi dan rendah lemak. Begitu pula kita harus membiasakan diri makan siang dan makan malam agar stamina tubuh tetap terjaga. Setiap hari pola makan perlu divariasi agar pencernaan menjadi kuat. Bila kita terbiasa makan daging ayam dan sapi, maka sekali-sekali makan ikan segar, tempe, dan tahu sebagai selingan. Bahan ini mempunyai kadar lemak tak jenuh yang banyak dan berpotensi mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Sebaliknya, jika kita terbiasa makan ikan, tempe, tahu, dan telur saja, maka pada suatu kesempatan makanlah daging ayam atau sapi. Protein daging hewan berperan mempertahankan laju pertumbuhan tubuh dan mengganti sel-sel jaringan yang rusak. Selain itu, mengonsumsi makanan berlemak dan masakan terlalu asin perlu dikurangi agar pembuluh darah menjadi lancar dan tidak cepat merasa pusing.

Ketiga, minum air putih. Air putih adalah minuman terbaik dan unsur terpenting dalam proses metabolisme tubuh, karena dua per tiga tubuh kita terdiri dari air. Tubuh kita tidak akan memberi sinyal berupa rasa haus sampai tubuh benar-benar kekurangan air atau mengalami dehidrasi. Setiap hari, seseorang kehilangan 1,5 liter air lewat kulit, paru-paru dan ginjal minum air putih(berupa air kencing). Untuk itu, kehilangan tersebut harus digantikan dengan jumlah air yang cukup, sehingga tubuh akan terhindar dari kelelahan, sakit kepala, kulit kusam, dan bad mood. Ukuran minum air putih per hari ialah sebanyak 8 gelas atau sampai urine tidak berwarna. Urine yang sehat adalah yang bening seperti air ledeng. Selain itu, banyak minum air putih dapat menggelontor lemak-lemak tubuh, mempertahankan kehalusan kulit dan membuat wajah berseri.

Keempat, tidak minum alkohol, mengonsumsi narkoba dan obat-obatan terlarang serta merokok guna mencegah sakit jantung, paru-paru, impotensi, gangguan kehamilan dan janin, membuat hidup lebih santai serta bebas dari rasa risau. Kelima, berolahraga sesuai kemampuan, kurang lebih 30 menit dalam sehari. Tujuannya untuk memperlancar peredaran darah dan mempercepat penyebaran impuls urat saraf ke bagian tubuh atau sebaliknya, sehingga tubuh senantiasa sehat dan bugar. Selain itu, latihan fisik secara olahragateratur akan meningkatkan kekuatan otot jantung, efektivitas fungsi jantung dan memberi manfaat bagi sistem pernapasan serta membuat pikiran tenang.

Untuk menggerakkan badan diperlukan kemauan dan keyakinan yang kuat bahwa olahraga mutlak bagi tubuh kita. Seseorang yang mempunyai aktifitas fisik rendah mempunyai risiko dua kali lebih tinggi mengalami kematian prematur dibandingkan orang dengan tingkat aktifitas fisik tinggi. Orang normal yang tidak mengidap penyakit, sangat baik memilih olahraga yang kapasitas aerobiknya tinggi, seperti berenang, aerobik yang high impact, naik sepeda stasioner, dan jogging. Sedangkan bagi penderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, infeksi paru-paru, dan kencing manis, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dulu untuk mengetahui jenis olahraga yang cocok. Biasanya olahraga yang intensitasnya rendah dan dilakukan tidak terlalu lama.

Keenam, pengaturan jam kerja dan waktu istirahat yang seimbang menjadikan hidup disiplin serta mengharmonisasikan badan dan pikiran. Waktu terbaik untuk tidur dimulai pukul 22.00 sampai 05.00 WIB. Jika ternyata pekerjaan kita tidak memungkinkan kita beristirahat selama 7-8 jam setiap hari, maka manfaatkan waktu luang secara maksimal. Misalnya, kita bisa langsung tidur setelah lelah bekerja seharian. Jangan tergoda untuk tidurbegadang, karena energi sudah terkuras selama bekerja. Istirahat, dalam arti tidur, adalah saat menghimpun energi dan semangat baru. Tidur nyaman juga bentuk bersantai seorang diri. Dengan begitu, stamina akan pulih dan keseimbangan hormon dalam tubuh cepat tercapai. Sebaliknya, tubuh letih dan pikiran kusut bila dibiarkan berkepanjangan, akan menurunkan daya kerja sistem kekebalan tubuh. Pada gilirannya memudahkan serangan penyakit masuk.

Ketujuh, menghindari stres dan jangan suka marah. Penyakit akan gampang menyerang jika pertahanan tubuh kita rusak atau kacau. Pertahanan tubuh rusak atau kacau tergantung pada kondisi fisik dan pikiran. Jika kita stres, maka saraf dan otot akan bekerja jauh lebih cepat daripada biasanya. Kita akan terus dipaksa untuk memberikan energi yang berlebihan. Jangan biarkan segala keruwetan hidup menyedot seluruh energi kita sampai kering. Stres juga dapat mengakibatkan penyakit secara langsung maupun tidak langsung, misalnya insomnia (susah tidur), denyut jantung tidak teratur dan mempertinggi serangan jantung. Untuk itu, bersikaplah tenang, santai dan menghadapi segala sesuatu dengan hati terbuka, pikiran positif dan lebih banyak senyum supaya tidak memperburuk mekanisme kerja tubuh. Orang yang hatinya lapang, tidak mudah tersulut emosi dan murah senyum, umumnya akan disenangi orang lain.

Kedelapan, selalu menjaga kebersihan. Lingkungan bersih di sekitar rumah, halaman, kompleks hunian maupun perkantoran jelas memberi suasana segar dan nyaman. Lingkungan yang tertata baik, hijau dan asri, mempunyai persentase kesehatan bagi penghuninya jauh lebih baik daripada lingkungan yang miskin tanaman. Selain itu, lingkungan bersih membuat tubuh kita juga bersih, baik secara jasmani maupun rohani. Kondisi tersebut mampu mencegah  sekaligus menjauhkan penyakit-penyakit tertentu, antara lain infeksi kulit, alergi debu, flu, dan bronkitis serta stres.

Pilihan sehat atau sakit memang ada di tangan kita sendiri. Tren back to nature (kembali ke alam) yang dikampanyekan oleh masyarakat Barat sejak awal dekade 1990-an dilandasi pengalaman bahwa ternyata gaya hidup modern telah mendorong tubuh kita menjadi manja dan mudah sakit. Dengan mengenali diri sendiri, kita dapat mengetahui kelemahan fisik tubuh kita, lalu dapat memutuskan apa yang baik dan boleh dilakukan bagi tubuh serta apa yang tidak. Kini, menjalani pola hidup sehat alami sudah disadari oleh siapapun. Mulai sekarang, rancang dan kerjakan kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat hidup kita menjadi lebih sehat, ringan, tenang, dan bermanfaat. Karena benar ungkapan pepatah bahwa mencegah memang lebih baik daripada mengobati (penyakit).***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s