Jika AS dan Israel Menyerang Iran

Peresensi Lukman Hakim Zuhdi

cover-buku-perang-nuklir-01Judul buku : Perang Nuklir?
Penulis : Muhammad Alcaff
Penerbit : Zahra Publishing House, Jakarta
Tahun  : Cetakan I, 2008
Tebal  : 208 Halaman
Harga  : Rp. 49.900,-

Baru-baru ini harian terbesar di Amerika Serikat (AS), New York Times, membeberkan rencana rahasia Israel untuk menghancurkan fasilitas nuklir Teheran dengan menggunakan bom khusus yang dapat meledakkan bunker dan meminta izin melewati wilayah udara Irak guna mencapai komplek nuklir utama Iran di Natanz. Natanz merupakan satu-satunya pusat pengayaan uranium yang diketahui di Iran. Namun, Presiden AS George W Bush yang dimintai bantuan oleh Israel, menolak menyerang Iran secara terbuka, khawatir akan memicu perang yang lebih luas di kawasan Timur Tengah.

Bagaimana tanggapan pemerintah Iran? Rahbar atau Pemimpin Tertinggi Spiritual Iran, Ayatullah Ali Khamenei, yang bertanggung jawab terhadap kebijakan-kebijakan umum Iran menegaskan bahwa rakyat dan pemerintah Iran tidak akan pernah mengganggu siapapun. Tetapi, AS harus tahu bahwa jika AS menyerang Iran, maka kepentingan AS di seluruh dunia tidak akan aman dari serangan dan setiap serangan AS pasti akan dibalas dengan serangan ganda. Menurut Rahbar, program nuklir damai Iran adalah khot qirmis (garis merah) yang tidak dapat dilangkahi oleh musuh-musuh Iran. Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, menambahkan, Iran tidak akan mundur seinci pun dari haknya menggunakan nuklir dan memperkaya uranium.

Topik nuklir Iran sudah lama menjadi perbincangan panas dunia internasional. Buku berjudul Perang Nuklir? karya Muhammad Alcaff ini fokus utamanya menceritakan perjalanan panjang –suka dan duka— Iran dalam meraih keberhasilan teknologi nuklirnya, selain pada bab-bab sebelumnya memaparkan kekuatan dan kehebatan militer Iran. Sejak kemenangan Revolusi Islam Iran tahun 1979, Iran berani memutuskan ketergantungannya terhadap pihak (negara) lain dan menentang segala bentuk penjajahan atas diri mereka. Semenjak itu pula Iran mulai mencapai prestasi yang mengagumkan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, politik, ekonomi, sosial, ruang angkasa, militer, dan nuklir. Semua pencapaian fantastis Iran tidak lain buah dari kemerdekaan, percaya diri, kreativitas, independensi dan ketegaran dalam bersikap.

Penguasaan teknologi nuklir memang sangat strategis bagi pengembangan dan kemajuan sebuah negara. Pasca Revolusi Islam, para ilmuwan Iran mampu memproduksi uranium dalam jumlah besar untuk pengoperasian reaktor-reaktor nuklir. Mereka mulai mengupayakan terobosan untuk memasuki bidang siklus produksi bahan bakar nuklir. Dalam tempo singkat, mereka berhasil menguasai semua aspek teknologi nuklir, yang dinilai sangat krusial mengingat teknologi nuklir melingkupi 200 bidang industri dan 500 kajian ilmiah. Setelah itu, Iran berkali-kali meyakinkan masyarakat dunia bahwa pemanfaatan teknologi nuklirnya semata untuk tujuan damai dan keperluan positif pembangunan negaranya. Misal, tenaga nuklir sebagai sumber energi pembangkit listrik, keperluan kedokteran serta rekayasa genetika di bidang pertanian dan peternakan. Pada masa mendatang, teknologi nuklir akan menggeser posisi bahan bakar fosil untuk memenuhi kebutuhan energi dunia.

AS, Israel dan dunia Barat yang tidak berdasarkan bukti-bukti otentik dan akurat, justru mengkhawatirkan kemajuan nuklir Iran dipakai bagi kepentingan militer untuk membuat bom pemusnah massal. Dalam kacamata mereka, jika Iran berhasil mengukuhkan teknologi nuklir dan melampaui seluruh tahapan pengembangannya, maka kekuatan dan pengaruh Iran di tingkat regional dan global akan mengalami perubahan dahsyat. Akhirnya dengan berbagai cara –termasuk mengucilkan Iran dari pergaulan internasional—, mereka berusaha menekan Iran agar menghentikan proyek nuklirnya. Mereka pun mempersiapkan tiga tahap baru, yakni penangguhan, penghentian dan pemusnahan. Kenyataannya, segala upaya imperialisme internasional untuk meruntuhkan dan memandulkan Iran tidak menghasilkan apapun kecuali kegagalan demi kegagalan.

Selain teknologi nuklir, para ilmuwan dan teknisi militer Iran sukses membuat dan mengembangkan berbagai bentuk persenjataan sangat modern. Antara lain roket darat ke darat, darat ke laut, dan darat ke udara, helikopter, pesawat tempur, tank, panser, meriam, kapal perang, kapal pengebom, dan kapal cepat militer. Ditambah lagi beberapa peluru kendali (rudal) super canggih, seperti rudal Fajr-3, rudal Kautsar, rudal Fateh-110, rudal Noor, rudal Shahab-3, dan Torpedo Hoot. Torpedo Hoot adalah rudal jenis baru bawah air yang mampu melaju dengan kecepatan 100 meter per detik. Dengan kekuatan hulu ledak sangat besar dan kecepatan seperti itu, dipastikan tidak akan ada kapal induk atau kapal selam yang bisa menghindar dari tembakan rudal tercepat di dunia ini.

Kemajuan pesat nan luar biasa Iran di bidang industri militer membuat sejumlah negara kian tertarik menjalin kerjasama. Saat ini, Iran telah mengekspor hasil-hasil industri militernya ke-57 negara. Pada waktu yang sama, Iran juga tak lupa membenahi dan memperkuat seluruh tentaranya yang terbagi atas dua pasukan, yaitu pasukan militer negara (tentara nasional yang mencakup angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara) dan pasukan militer revolusi (garda revolusi). Garda revolusi atau pasukan elite terbagi menjadi lima cabang, yakni pasukan qods (pasukan khusus), Basij (paramiliter), angkatan laut revolusi, angkatan udara revolusi dan angkatan darat revolusi. Basij adalah tentara paramiliter yang beranggotakan ratusan ribu personel (termasuk personel cadangan) plus 11 juta lelaki dan perempuan yang siap dimobilisasi setiap saat.

Seorang pejabat tinggi militer Iran menyatakan, kekuatan militer Iran yang utuh dan sebenarnya dirahasiakan dari pengetahun umum, sementara yang telah disebutkan hanyalah bagian kecil dari kemampuan pertahanan Iran. Iran yang disupport oleh kekuatan militer yang besar dan tangguh, dukungan rakyat, sumber daya alam —Iran adalah negara pemilik cadangan gas terbesar kedua di dunia setelah Rusia— dan posisi strategis di Timur Tengah, telah menjadi sebuah kekuatan yang tidak akan bisa ditaklukkan dengan serangan militer. Saat ini, Negeri Persepolis itu mungkin menjadi negara yang paling ditakuti AS dan Israel.

Rakyat dan pemerintah Iran telah membuktikan bahwa Iran mampu meruntuhkan kesewenang-wenangan AS, Israel dan negara Barat. Kini, dunia tengah memasuki babak baru. Hegemoni lama segera berakhir. Peta kekuatan sedang disusun ulang. Andai suatu hari AS dan Israel benar-benar menyerang Iran, maka Iran siap melibas mereka. Tidak menutup kemungkinan pula akan terjadi perang nuklir yang menyeret umat manusia ke jurang kehancuran. Ada baiknya AS dan Zionis mempertimbangkan ucapan Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, jika Anda (musuh) ingin memulai konflik baru, maka rakyat Iran akan melawan dan tidak akan mundur satu langkah pun. Namun jika Anda menginginkan persahabatan dan kerja sama, rakyat Iran akan menjadi sahabat terbaik Anda.***

4 thoughts on “Jika AS dan Israel Menyerang Iran

  1. moeslem Agustus 27, 2009 / 3:38 pm

    tenologi nuklir untuk kebaikan napa tidak…
    kpan y indonesia bisa berdikari sperti iran????
    mngkn qt pn bisa

  2. andi Januari 1, 2012 / 3:36 pm

    ayo iran, libas saja amerika dan sekutunya kalau mereka macam2. kami di indonesia siap menghancurkan aset2 amerika di sini. maju terus iran

  3. eko budi wibowo Januari 15, 2012 / 4:24 am

    DEWAN PIMP.RANTING PARTAI AMANAT NASIONAL PONDOK KARYA PONDOK AREN TANGSEL BANTEN SECARA UMUM MENYARANKAN AGAR PASKHAS TNI.AU,DETA-ARHANUDSE TNI.AD PERLU MEMILIKI JENIS RUDAL KAUTSAR IRAN,FAJR-3,SHAHAB,BRAHMOS,S.300… DIMANA JANGKAUANNYA BISA JAUH DAPAT MENJAGA NKRI DARI SERANGAN LUAR,DITAMBAH JAUH DARI PENGARUH HAK ASASI MANUSIA KARNA TENTARA KITA BUKAN SEPERTI MARINIR AMERIKA,BICARA HAM MALAH KEJI TERHADAP LAWAN.TRIMS.SARAN KADER PAN EKO BUDI WIBOWO…

  4. eko budi wibowo Januari 15, 2012 / 4:37 am

    DEWAN PIMP.RANTING PARTAI AMANAT NASIONAL PONDOK KARYA PONDOK AREN TANGSEL BANTEN JUGA MENGINGATKAN KEPADA SELURUH PRAJURIT DI SELURUH KESATUAN,BATALYON AGAR MENJAGA BENAR MORALITAS SAUDARAKU SEBAGAI PRAJURIT PEJUANG YANG PANTANG MENGELUH APALAGI BERBUAT CELA DI MASYARAKAT DIMANA AKAN MENJATUHKAN WIBAWA NAMA KORPS KESATUAN.SAUDARAKU KOMANDAN BATALYON DISELURUH TANAH AIR,MOTTO : HREE DARMA SANTY,KERJA KERAS,KERJA CERDAS-KERJA IKHLAS KAMI MOHON TANAMKAN DIKESATUAN SAUDARAKU…AGAR SEMANGAT JUANG TERPELIHARA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s