Kisah Nabi Isa ‘alaihis salam; Nabi yang Lahir di Bawah Pohon Kurma

Penutur Ulang Lukman Hakim Zuhdi

Seorang nabi sekaligus manusia pertama di dunia, yakni Nabi Adam ’alaihis salam, muncul ke alam ini tanpa melalui proses kelahiran sebagaimana lazimnya. Ia tidak memiliki Bapak dan Ibu. Demikian pula keberadaan istri Nabi Adam, yaitu Siti Hawa, yang diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam. Allah SWT kembali menunjukkan kekuasaan-Nya melalui lahirnya Nabi Isa ’alaihis salam. Nabi Isa tidak mempunyai Ayah. Ia hanya memiliki Ibu bernama Siti Maryam.

Pada zamannya, Siti Maryam dikenal sebagai seorang gadis suci yang pandai menjaga diri. Sehari-hari waktunya hanya dihabiskan sendirian di dalam kamar untuk beribadah kepada Allah SWT. Ia tidak pernah keluar rumah, apalagi berbicara dengan laki-laki. Tidak ada satu pria pun yang berani menyentuh kulit tubuhnya. Ia juga berasal dari keturunan dan keluarga terpandang. Ibunya bernama Hannah, istri Imran. Sewaktu kecil, Siti Maryam diasuh oleh keluarga Nabi Zakaria ’alaihis salam.

Satu saat, ketika Siti Maryam sedang khusu’ berzikir, Malaikat Jibril mendatanginya. Siti Maryam terkejut. Malaikat Jibril menjelaskan bahwa kehadirannya membawa kabar gembira. Menurut Malaikat Jibril, tidak lama lagi Siti Maryam akan memperoleh seorang bayi lelaki istimewa bernama Isa Al-Masih. Dinamakan Al-Masih karena Nabi Isa mengusap bumi dan membersihkan serta usahanya untuk menyelamatkan agama dari berbagai fitnah pada zamannya. Siti Maryam justru semakin takut. Tubuhnya bertambah gemetar. Ia terus berdoa, meminta perlindungan kepada Allah SWT. Malaikat Jibril kemudian meniupkan roh ke dalam perut Siti Maryam, lalu menghilang, dan berganti menjadi cahaya yang terang benderang.

Siti Maryam termenung diliputi kesedihan. Ia berkata dalam hati, mana mungkin dirinya bisa hamil, padahal belum menikah dan tidak mempunyai suami. Hari demi hari, perutnya bertambah buncit. Rupanya ia benar-benar hamil. Anehnya, ia tidak merasa sakit atau ngidam, layaknya wanita hamil. Siti Maryam bingung, bagaimana menjelaskan semua ini kepada keluarga maupun masyarakatnya. Pasti tidak akan ada orang yang mempercayai, pikirnya.

Bayi yang Bisa Berbicara

Detik-detik kelahiran Siti Maryam sebentar lagi. Ia mendapat petunjuk dari Allah SWT supaya meninggalkan rumah dan kampungnya. Siti Maryam berjalan melewati banyak orang. Tak pelak gemparlah seluruh warga. Mereka terkejut melihat Siti Maryam sudah berbadan dua. Cemoohan dan caci maki sontak keluar dari mulut mereka. Mereka menuduh Siti Maryam telah berbuat zina. Mereka menyebut Siti Maryam perempuan tak berguna alias pelacur. Siti Maryam tidak menanggapi, meski telinganya panas dan hatinya perih. Kedua kakinya terus melangkah mantap, tanpa tujuan pasti.

Tibalah Siti Maryam di suatu tempat yang jauh dari kampungnya dan tanahnya belum pernah diinjak siapapun. Di situ banyak tumbuh pohon kurma. Ia memilih duduk bersandar, beristirahat di bawah pohon kurma yang besar dan tinggi. Tiba-tiba ia merasakan sakit pada perutnya. Akhirnya, ia melahirkan seorang bayi lelaki berwajah tampan, berkulit lembut dan putih. Seluruh proses kelahirannya tidak dibantu oleh dukun bayi, bidan maupun dokter. Selain itu, tidak ada orang yang melihat dan mengetahuinya. Tercatat dalam sejarah, Nabi Isa ’alaihis salam dilahirkan pada tahun 622 sebelum hijriah atau sebeluh masehi.

Belum hilang rasa letihnya setelah melahirkan, Siti Maryam putus asa ingin mengakhiri hidup. Ia merasa malu karena harus menanggung beban berat sepanjang hidupnya. Namun, anak yang baru dilahirkan itu spontan berkata, ”Ibu jangan bersedih hati. Semua ini karunia dari Allah SWT. Ibu, tolong gerakkan pohon kurma itu. Nanti makanan, minuman dan buah yang matang akan mendekati kita, kemudian makanlah. Niscaya hati Ibu menjadi tenang.” Siti Maryam seketika tersadar, kemudian memuji kebesaran Allah SWT.

Zaman Pembunuhan Bayi Lelaki

Beberapa waktu setelah tinggal di tempat peristirahatan, Siti Maryam berencana pulang ke rumahnya. Ia menggendong anaknya penuh cinta dan kasih sayang. Memasuki gerbang perkampungannya pada sore hari, orang-orang yang sedang berkumpul langsung menghampirinya. Mereka mengerubungi Siti Maryam sekalian menanyakan identitas bocah itu. Tetapi Siti Maryam tidak menjawabnya, sebab sudah niat berpuasa tidak mau bicara kepada siapapun. Mereka malah menyindir, meledek dan memfitnah Siti Maryam. Bahkan ada sebagian orang yang ingin mengusir Siti Maryam.

Siti Maryam hanya memberi isyarat supaya orang-orang bertanya kepada bayi yang berada dalam dekapannya. Seketika bayi itu menjawab, ”Aku Isa Al-Masih, hamba Allah SWT yang akan diberi Kitab Injil. Suatu hari aku akan dijadikan nabi dan utusan-Nya untuk mengembalikan kalian ke jalan Allah SWT, memerintahkan shalat dan menunaikan zakat. Aku juga akan berbakti kepada Ibuku.” Orang-orang yang mendengar pernyataannya spontan tampak pucat wajahnya. Mereka tidak menyangka bayi yang baru lahir beberapa hari bisa berbicara secara lancar.

Kabar adanya bayi ajaib milik Siti Maryam segera menyebar ke penjuru negeri, termasuk sampai ke telinga para pendeta dan pembesar Yahudi. Kehidupan dan perilaku masyarakat yang selama ini sudah melenceng dari ajaran Nabi Musa ’alaihis salam dan Nabi Daud ’alaihis salam bakal segera diluruskan. Oleh karena itu, para pendeta dan pembesar Yahudi memerintahkan pengawalnya untuk menangkap Siti Maryam beserta bayinya. Selain itu, mereka mencari perempuan yang akan melahirkan dan membunuh setiap bayi laki-laki yang baru dilahirkan.

Siti Maryam sudah diberitahu oleh seseorang terkait informasi penting tersebut. Malam harinya, Siti Maryam menggendong Nabi Isa keluar dari Palestina menuju ke Mesir. Ia sangat khawatir para pengawal akan menemukan jejak, kemudian menghunuskan pedang ke tubuhnya dari arah belakang. Namun Allah SWT sudah berjanji untuk menjaganya. Setelah menempuh perjalanan yang melelahkan, selamatlah keduanya tiba di Mesir, negeri yang dipenuhi kebaikan dan kemuliaan. Nabi Isa tumbuh dan menjalani masa kecilnya dengan bahagia. Ia menuntut ilmu, menghadiri pertemuan serta berdiskusi dengan ulama.

Skenario Untuk Nabi Isa

Suatu hari seseorang menemui Siti Maryam. Dia memberitahu Siti Maryam agar kembali ke Palestina, sebab pendeta dan pembesar Yahudi yang ingin membunuhnya sudah mati. Dalam tempo singkat, Siti Maryam dan Nabi Isa yang menjadi dewasa sudah berada di tanah kelahirannya. Nabi Isa mulai berdakwah. Mula-mula kepada orang-orang yang dikenalnya. Ia menyerukan mereka kembali beribadah dan mengesakan Allah SWT. Mereka dianjurkan untuk meninggalkan memuja patung serta tidak mendewa-dewakan uang dan emas.

Selain itu, pada hari Sabtu Nabi Isa keluar rumah untuk memetik buah-buahan, kemudian memberikannya kepada orang yang kelaparan dan kaum fakir. Pada hari Sabtu, Nabi Isa juga menyalakan api untuk wanita-wanita tua, sehingga mereka tidak mati kedinginan. Padahal menurut keyakinan kaum Yahudi saat itu, hari Sabtu adalah hari suci. Maksudnya, mereka tidak boleh melakukan kegiatan apapun kecuali menyembah berhala. Di tempat peribadatan yang dipenuhi domba dan burung merpati itu, warga Yahudi seperti sedang meminta pengampunan dosa kepada para pendeta.

Nabi Isa sangat sedih melihat kenyataan tersebut. Sebab, banyak rakyat miskin yang tidak mampu untuk membayar pendeta agar mengampuni dosa dan kesalahannya. Nabi Isa yang terbiasa hidup sederhana terus mensyiarkan ajarannya. Sedikit demi sedikit para pengikutnya kian bertambah. Pada pendeta yang mulai berkurang wibawa maupun jumlah umatnya merasa kesal, sebab pendapatan mereka ikut menurun. Mereka menuduh Nabi Isa sebagai penyebab semua itu. Mereka merancang skenario khusus untuk menyingkirkan, mengusir, bahkan jika perlu membunuh Nabi Isa.

Seorang pengikut Nabi Isa yang mengetahui rencana itu menginformasikan kepada Nabi Isa. Nabi Isa beserta beberapa pengikutnya kemudian bersembunyi di suatu tempat. Namun, seorang sahabat dekat Nabi Isa membocorkan tempat persembunyian Nabi Isa kepada para pendeta. Akhirnya para pendeta dan pendukungnya berhasil menangkap sahabat dekat Nabi Isa yang wajahnya sangat mirip dengan Nabi Isa. Orang itu kemudian dibunuh dengan cara disalib ditiang kayu. Padahal, Nabi Isa yang asli dan belum menikah itu telah diselamatkan oleh Allah SWT ke langit.

Sementara pengikut Nabi Isa lainnya yang selamat dari pengejaran, terus berdakwah menyebarkan ajaran Nabi Isa secara sembunyi-sembunyi. Sebelum diangkat ke langit, Nabi Isa menyampaikan kabar kepada para pengikutnya bahwa akan datang seorang nabi dan rasul bernama Ahmad. Nabi dan rasul yang dimaksud Nabi Isa ialah penutup dari seluruh nabi dan rasul, yakni Nabi Muhammad SAW. Ahmad sesungguhnya nama lain dari Nabi Muhammad SAW, yang ajarannya akan melengkapi seluruh ajaran nabi dan rasul sebelumnya.***

About these ads

86 pemikiran pada “Kisah Nabi Isa ‘alaihis salam; Nabi yang Lahir di Bawah Pohon Kurma

    • kunjungi FFI Forum Indonesia atawa Forum Murtadin Indonesia dan ingat bagi pria 72 bidadari menantimu dan kepuasan batin bagi kamu wanita, indonesia ini milik aulloh sikat habis kebudayaan indonesia ganti kebudayaan arab,bhs daerah tak pantas dipakai hanya bhs arab yang diridoi aulloh bersemangat terus tetap iman tetap islam amin amin amin.

  1. Assslm…………….
    nabi isa adalah nabi yang sangat teladan
    kita sebagai uat islam harus bersyukur kepada allah.
    wassalm…………….

  2. Ditunggu lanjutantulisannya mengenai bagaimana hidup nabi isa di langit selanjutnya,c0z pernah dengar katanya hari kiamat nanti 4w1 akan menurunkan lAgi nabi isa ke bumi.

  3. ceritanya bagus banget buat anak-anak SD yang lagi belajar ini bikin menambah ilmu&pengetahuan kita.KEREN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  4. Akhirnya para pendeta dan pendukungnya berhasil menangkap sahabat dekat Nabi Isa yang wajahnya sangat mirip dengan Nabi Isa.

    Maaf saya mungkin agak memberikan penjelasan tentang kalimat diatas

    Bahwa nabi ISA AS telah ditolong oleh ALLAH SWT dan diselamatkan ke langit, sedang yudas stas kehendak ALLAH SWT telah diubah persis/mirip nabi ISA AS, maka Yudaslah(bentuk fisik spt ISA AS) yang di salib, Yudas takut dan berteriak meminta tolong, akan tetapi tidak ada yang percaya kalau YUDAS (Mirip ISA AS) Adalah YUDAS, makanya tidak ada yang menolong selama di salib (Karena Yudas atas kehendak ALLAH diubah fisiknya seperti ISA AS)

    Mengenai Nabi ISA AS akan turun lagi ke bumi sebelum akhir zaman (Sebelum kiamat adalah benar), orang orang kristen bertepuk tangan atas kedatangan ISA AS, Akan tetapi ISA AS turun hanya mengingatkan dan memberitahukan ” SEMBAHLAH ALLAH SWT TUHAN YANG MAHA ESA. Karena nabi ISA AS termasuk orang mukmin atau islam yang bertauhid kepada ALLAH SWT”, mungkin ini terjadi karena pertikaian dan perbedaan agama yang dianutnya selama ini melenceng dan salah paham

    Kisah ini mungkin juga zaman nabi MUSA AS dan DAUD AS, Kaumnya mengikuti ajarannya mengesakan dan menyembah ALLAH SWT, akan tetapi setelah nabi MUSA dan DAUD wafat… Kaumnya bertolak belakang dengan ajarannya,… Maka lahirlah nabi ISA AS putra MARYAM untuk meluruskan ajaran MUSA AS dan DAUD AS.

    Sebelum ISA AS wafat pengikutnya mengesakan Allah SWT dan menyembah ALLAH SWT, Akan tetapi setelah Nabi ISA wafat, pengikutnya mulai bertolak belakang dengan ajaran nabi ISA AS

    Karena nabi ISA AS paling mulia (lahir dari maryam tanpa ayah) dan punya banyak mukjizat, oleh para pengikutnya dijadikan TUHAN… padahal lahir dari bunda maryam tanpa ayah, itupun lahir karena kehendak Allah SWT, dan turun dari langit.

    Berbahagialah umat kristiani yang hidup pada waktu nabi ISA AS akan datang kembali sebelum akhir zaman/kiamat… karena umat kristiani akan diluruskan ajarannya, kalau yang selama ini salah ” SEMBAHLAH ALLAH SWT TUHAN YANG MAHA ESA ” Nabi ISA AS tergolong orang mukmin atau islam

    Kutipan berbagai sumber dijadikan satu.

    AKU MEMELUK AGAMA ISLAM dan mengimani nabi ISA AS (YESUS)

    • wahai saudaraku…saya ingin koreksi kata terakhir yakni tulisan nabi ISA AS (YESUS). SAUDARAKU…yesus sekali-kali bukanlah nabi ISA AS,Begitupun Nabi ISA AS bukanlah sekali-kali bukanlah yesus.melainkan yesus adalah yudas laknatullah.jernihkanlah aqidahmu akhii…wallohul musta’aan…

      • agama itu spt kentut mas dhiman ,nikmat bagi siempunya jadi kalau tdk ingin bermasalah jangan coba coba dekat dan jangan coba menganalisa ,pasti makan ini makan itu ntar keliru,nikmati saja kentutmu sendiri perbanyak sana istrimu menjalankan perintah agama dan sunah nabi jangan sampai kaget nanti menghadapi 72 bidadari,syiah berkata membunuh suni dan kafir itu halal lihat di youtube mas,di iran suni makin tergencet di suriah syiah hanya 8 s/d 10 presen sudah membuat suni kalang kabut, diyaman tinggal tunggu waktu,dipakistan dan afganistan panen bom sebentar lagi di saudi dibolehkan menikahi anak dibawah umur kasihan ya neg islam tak pernah damai, jangan ya di indonesia tercinta soalnya kebudayaan dan tkw kita sudah digerogot oleh arab, ,jangan urusi kentut orang,kentutmu kentutmu kentutku kentutku biar busuk tetep enak ya kan,.oh ya mas dhiman coba dibuat perbandingan antara nabi isa dan nabi mohamad yang ada dalam quran segala kelakuanya mujizatnya contohnya isa tak beristri dan tak beranak ,mohamad menikahi anak menantunya dan anak dibawah umur/aisyah dll bandinkan semua mana yg punya nilai plus tentu dengan hati nurani lo ,bersemangat terus mas semoga tetap iman tetap islam amiiiinnn.

      • laknatullah orang2 kafir yg ingin menghanjurkan islam,orang islam itu cinta damai tapi kalau dia di sakiti kelobang semut akan kita cari,ALLAHU AKBAR,memang pantas orang kafir ini di hancurkan dari muka bumi ini.

  5. [100] Qur’an,sura[An nur] ayat 2:
    perempuan yg berzina dan laki laki yg berzina maka deralah tiap tiap seorang dari keduanya seratus kali dera dan janganlah belas kasihan kpd keduanya.mencegah kamu utk[menjalankan]agama Allah.jika kamu beriman kpd Allah dan hari akhirat,dan hendaklah [pelaksanaan] hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan dari orang orang yg beriman..dikatakan oleh nabi muhammad..
    Tapi mengapa siti maryam tidak dihukum rajam???
    Hanya dicemooh,dan diejek..padahal hukum saat itu pastilah berlaku…
    Benarkah smua kisah alquran,,berpikirlah hai anda muslim,,,kenapa kisah ini bs bertolak belakang dg hukum yg ada,,,
    by.God serpent

    • heh Kmu lo komentar yang jelas donk,, Bego,,?!! y iyalah siti maryam gag dirajam, orang dia tidak melakukan Zinah,, Lo pun siti maryam akan dihukum rajam pada saa itu pastilah Allah SWT akan menolong Beliau,,

    • saudaraku (jika kamu muslim)…jgn berkomentar jika kamu tidak punya ilmu tentang itu.diam lebih baik jika anda tidak tahu.daripada berkomentar namun hanya akan menimbulkan fitnah.wallohul musta’aan

  6. yang pada uts (ulang tengah semester sd) yang bukunya blom punya sebaiknya balajar di internet teta[i jangan main fb yahhh

  7. kenapa maryam tidak di rajam?karena ia tidak berzinah.setiap orang walopun nabi dan rasul,tidak bisa menjalankan perintah Allah swt.contohnya kyk nabi muhamad berzinah dg pembantunya yg bernama mariatun kibtiah,hingga pembantunya melahirkan.walopun dan rasul tidak luput dari perbuatan bejat.kita nggak boleh meng agung-agungkan nabi muhhamad,kita nggak boleh meng agung-agungkan isa.inggat isa dan muhamad manusia juga.kebenaran hanya milik Tuhan swt

    • astohgfirullah
      Baru pertma kali saya dengar tentang ini, satahu saya apa yang anda katakan tak ada dalam baik alQur’an maupun alhadist. tolong dalam berkomentar hati2 jangan sampai terjadi Fitnah yang besar.

    • Lo bwt cntoh yg bnr, bkn mlh fitnah…tlg hati2 dg ucapan anda..sedikit kslhn bs bwt dosa bsar, u tlah mnjelek2n nabi Muhammad SAW..astagfirullahaladzim…

    • fia nabi emang manusia biasa, tapi ia dimuliakan Allah, dan Allah tidak mungkin salah menciptakan nabi yang sifatnya sembarangan seperti yang kamu ceritakan.

    • Apa yang kamu bicarakan adalah cerminan diri kamu sendiri, apa yang kamu fikirkan adalah cerminan perbuatan kamu, jadi kepada Fia jika kamu bicara seorang Nabi yang diangkat menjadi Rasull ALLAH dan itu diakui dari zaman ke zaman itu berbuat yang tidak patut menurut Fia, apa referensinya sehingga kamu berbicara seperti itu bahwa Nabi Muhammad As, telah berzinah dengan Mariatun Kibtiyah dimana kami bisa membaca referensi kamu itu, kami yakin sebelum kamu jawab referensinya itu ada dimana , saya pribadi yakin 100% bahwa apa yang kamu tulis itu merupakan cerminan fikiran dan berwujud dalam perbuatan yang sering kamu lakukan, Maaf kalau saya salah.
      Mari Kita beristigfar…….

  8. @ hezkiel
    siti maryam tdk tinggal di jaman nabi muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mas…
    jd rujukan kitabnya bkn dr al-quran…
    saat itu hukum agama ada pada kitab yg di bawa nabi mussa alaihi sallam…yaitu taurat…
    please…klo mau menghina tuch pake logika manusia,bukan pake logika domba……mbeeeeeeeeeeeeeek….hahahaaha…
    klo ente bner2 belajar tentang agama anda dngan benar,maka anda tdk sebodoh ini…… :)

    @ fia
    ente jngan asal fitnah…
    nabi muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam,tdk prnah berzinah dan berbuat bejat…!!!!
    yg bejat tuch ente….hahaha…
    mungkin ente jg udh pernah berbuat zinah….(tp ga mau ngaku)
    hahahaha…

  9. gw dah membacanya .tp cerita ini membingungkan karna yang gw tw nabi isa (Yesus) dah mati tersalib dan bangkit pada hari yang ke tiga .dan akan turun kembali pada akhir zaman . and gw umat christiany akan tetap percaya sama ALLAH dan Yesus adalah utusan Allah,

  10. perbedaan kisah ttg Nabi Isa atau Yesus dlm injil dan alquran terasa bgt besar. sudah pasti salah satunya membuat kebohongan. orang beragama jngan mau terjebak dalam keyakinan yang buta, harus punya sikap skeptif. Mungkin saja ajaran kitalah yg berbohong…
    cobalah membuka pikiran untuk hal2 yg diluar ajaran yang qta yakini,tanpa membuat penilaian2 yg objektif, maka kita akan sadar bahwa ada kebenaran yg lain yg blm qt tau…yg bsa melengkapi atau bahkan mejungkir balikan pemahaman qt ttg agama yg kita yakini… Tuhan mau kita menjadi bijak…bukan buta…

    • Orang yang bijak bukanlah orang yang suka menghina antara yang satu dengan yang lain, tetapi orang yang bijak adalah orang yang senantiasa mahu berupaya untuk menjaga lidah dan tindakannya dari ucapan dan tindakan yang tidak berguna atau hanya mempertajam perselisihan. oleh karena itu, dalam perbedaan keyakinan ini,maka marilah kita saling terbuka dan menghormati perbedaan keyakinan yang pastinya sudah menjadi sunnatullah. Dengan modal pikiran dan hati sebagai anugerah yang tak ternilai harganya yang masing-masing kita miliki, semoga kita dapat berpikir dan berkeyakinan secara benar sehingga dapat dipertanggung-jawabkan dihadapan Tuhan YME kelak(akhirat). Bacalah al-Qur’an dan Al-Kitab secara cermat dan menyeluruh serta keterangan2 lainnya(misalnya hadis), khususnya mengenai kisah Kerasulan Nabi Isa as. dan Nabi Muhammad saw. Insya-Allah kita akan mendapatkan kebenaran aslinya, amien.

  11. Sudahlah…kita hidup harus saling menghormati kitab suci masing2,ada kitab Zabur,Taurat,Injil,dan Alqu’an…gak usah diperdebatkan ! Tiap2 orang/manusia memang wajib meyakini apa yang dipercaya/diyakininya…tapi bukan berarti saling menjelekkan dan menghujat satu sama lainnya…masalah siapa yang menjadi tokoh dalam Kitab Suci tersebut….teladannya yang kita tiru ! Coba kita lihat di Kitab Suci masing2 apakah Tokoh dalam Kitab Suci tersebut saling menghujat satu sama lain ? sebenarnya pikiran kita sendiri yang sudah diracuni pikiran2 kotor,jahat,saling membenci. Kita tidak sadadr bahwa kita sedang dipengaruhi/diperdaya oleh iblis/setan. Saudara2ku “Kasihilah sesamamu manusia,seperti engkaau mengasihi dirimu sendiri”.

  12. pada umumnya orng yg saling berdebat soal agama, itu adalh orang hanya memahami kulitnya saja, tingkat spritualnya dangkal. semua agama mengajarkan nilai2 luhur dari etika moral, terlepas dari perbedaan perspektif dan metafisika… semua agama mengajarkan kebaikan, jalani saja nilai2 moral yg diajarkan oleh agamamu masing2 spti kasih, keikhlasan, rasa syukur, amal baik,dll, anda akan menemukan pembebasan dan pencerahan yang luar biasa…
    ketika anda sudah sampai ke tahap ini, anda akan bisa memahami kebenaran yg lebih hakiki. yg jauh melampaui apa yang bisa dipahami oleh otak yg anda pakai utk berdebat itu…..

    • saya setuju dengan pndpt ini…….lakum dinukum waliadin..agama mu agamumu,agamaku agama ku..pelajari dulu apa isi kitab kalian…sampe benar2 paham……
      dan ini suatu kenyataan fakta,skedar info,bukan asumsi….

      seorng anak lahir dkluarga pendeta,yang diksih anugrah kpintaran dalam memplajri sesuatu,masih kecil diajarin terus tentang tentang agama oleh bapaknya pendeta,harapan bapanya agar anak tu bisa jadi pendeta besar sperti bapanya,..makin dewasa makin paham tentang agamanya,..hingga dia jadi pendeta besar,,karna anugrah kepintrannya yg diberi Tuhan,,Tapi dia banyak menemukan kejanggalan2 yang dia temukan didalam kitab2nya..dia bertanya kepada teman2 pendetanya..tapi temannya tidak bisa menjawab….
      hingga akhirnya di coba2 membaca buku2 tentang islam..dia terus pelajari…hingga akhirnya dia menemukan salah satu ayat al-qur’an yang membuatnya tercengang dan membuat kepercayaannya runtuh terhadap agamanya…hingga akhirnya ia mendapat hidayah dari ALLAH SWT dan dia masuk islam TANPA PAKSAAN…sperti kebanyakan seorang pendeta punya kewajiban mengkristenkan orng yg beragama nonkristen..dia juga pernah melakukannya…semasa dia pendeta…
      merasa berdosa telah mengkristenkan orng2…
      dia sendiri berinisiatif mengadakan diskusi dengan orng2 kristen,hasil diskusinnya Alhamdulliah ternyata dia lebih banyak mengISLAMkan orang KRISTEN yang mau berfikir…..

      itulah islam TIDAK ADA PAKSAAN….

      berbeda dengan seorang anak yang dilahirkan oleh kedua orang tuannya islam, yang diberikan anugrah kepintaran(dalam mempelajari Al-Qur’an)…kebanyakan anak seperti ini menjadi Ustad,Kyai..ulama2 besar ……

      ne bukan cerita semata ne kejadian nyata……..

  13. kita itu smua mahluk tuhan ,persepsi yang berbeda jgn dijadikan penyulut pertikaian dan penghinaan antara 1 dngan yg lain.klo menurut saya agama itu hanyalah ibarat kendaraan yg kita naiki menuju tempat yg sama,ada yg naik mobil,ada yg naik motor tapi tujuan sama.yg harus kita pertanggung jawabkan adalah ;bagaimana iman kita dan perilaku kita semasa hidup kepada yang MAHA KUASA.

  14. Yang di salib itu namanya Yudas Iskariot, dia adalah sahabat Nabi Isa AS sekaligus penghianatnya, maka dari itu Allah SWT merubah wajahnya menyerupai Nabi Isa dan di salib oleh orang2 yahudi, dan Nabi Isa AS sendiri telah diselamatkan dan diangkat ke langit oleh Allah SWT atas permohonan dan do’anya supaya kelak nanti di hari akhir Beliau bisa menjadi salah satu pengikut Nabi Besar Muhammad SAW dan do’a itu dikabulkan oleh Allah SWT.. Dan sebelum diangkat Nabi Isa AS sempat berpesan bahwa kelak akan datang Nabi terakhir penutup para Nabi yaitu Nabi Muhammad SAW itu adalah benar, dan Beliau juga berpesan bahwa nantinya Islam dan Kristian akan terbagi menjadi 72 golongan, dan kenyataannya adalah benar Islam terbagi menjadi (sunni,muhammadiyah,si’ah dll), dan kristian terbagi menjadi (katolik,protestan,yehova dll), tapi ajaran yg paling benar dan sempurna adalah ajaran yang kelak dibawa oleh Nabi Besar Rosulullooh SAW yaitu Islam yg lahir dan mengikuti segala peraturan yg telah di tetapkan oleh Allah SWT melalui Al-qur’an dan Al-hadist… karena sesungguhnya Kitab Injil itu adalah Al-qur’an yang telah disempurnakan berdasarkan wahyu Allah SWT yg diturunkan melalui Nabi Muhammad SAW

    • Terus…. kalo Nabi Isa AS diselamatkan dari penyaliban dan diangkat ke langit oleh Allah SWT (seperti yang ditulis di atas), terus bagaimana tentang kalimat di Al Qur’an yang menyatakan bahwa Nabi Isa AS harus mati ???

  15. Makanya saya binguung sekali krn umat kristiani mengatakan bahwa Nabi Isa AS atau yang mereka kenal dengan Tuhan mereka Yesus adalah Juru Selamat, bagaimana mungkin Yesus adalah juru selamat mereka jika utk menyelamatkan dirinya sendiri saja Dia tidak mampu, sehingga Allah SWT lah yg menyelamatkannya krn Nabi Isa AS begitu patuh dan ta’at kepada Allah SWT yg telah meniupkan Ruh nya yang suci ke dalam rahim Siti maryam yg tanpa suami.. Maka dari itu tolong para umat kristiani kembali mengkaji ulang apa isi yg sebenarnya yg berada di dlm Kitab Injil dan Kitab Suci Al-qur’an… krn sesungguhnya Injil adalah Al-qur’an yg telah disempurnakan yg di ajarkan dan disebarkan oleh Nabi Besar Muhammad SAW… Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kpd para umat kristiani krn apa yg saya pelajari dan saya anut adalah apa yg di tulis di dlm Al-qur’an… Jika Nabi Isa AS (yaitu Tuhan Yesus bagi umat kristiani) saja menyembah dan beriman kpd Allah SWT knp umatnya yg kristian ini tidak mau berfikir lagi lebih dalam…. Mohon di renungkan kembali…. Laillahaillalloh…….. Muhammadarasululloh……………. Tiada Tuhan selain Allah dan hanya Nabi Muhammad lah utusan dan Rasul Allah…….

    • Ketika Yesus (Isa) menjalankan tugas panggilanNYA menjadi Juru Selamat, Yesus adalah manusia yang suci.Saat itu DIA memang harus menjalani tugas tidak berdoa diberdosakan untuk menanggung dosa umat manusia..BUKAN DIA tidak bisa menyelamatkan diriNYA tetapi DIA saat itu manusia yang harus menjalani tugas ALLLAH BAPA di surga menebus dosa umat manusia.Tidak ada satu manusia di muka bumi yang bisa atau memaksa seseorang untuk berpindah agama memeluk sebuah agama lain.Tidak! Hanya DIA di surga yang kuat dan hebat mampu mengubah seseorang menjadi Kristen atau agama apa pun di dunia.Pendeta atau guru agama Kristen TIDAK bisa mengubah seseorang menjadi Kristen. Itu hanya karya hebat ROH Kudus.

  16. ass sesungghuhnya cerita tersebut sangatlah benar walaupun di mata agma lain masih kontroversial tapi insyaallah cerita tersebut akan dapat diterima sebab cerita itu nyata dan bukan rekayasa belaka dan saya mendoakan smoga islam tetap jaya

  17. sudahlah …! jangan perdebatkan ajaran agama yang satu dengan yang lain…yakini saja ajaran agama masing2….dari pada saling mencemooh ….Tuhan pasti tidak berkenan bila umat manusia tidak akur….tujuan Allah menurunkan kitab2 suci adalah supaya manusia saling mengasihi satu sama yang lain….disetiap ajaran agama ada aturan2 yang yang harus dipatuhi manusia….sebelum firman Tuhan dituliskan didalam kitab2 suci, hidup manusia banyak menyembah berhala tidak mengenal sang Pencipta (TUHAN)…dan semaunya sendiri…maka diturunkan Firman Allah melalui perantara manusia pilihan …terciptalah Kitab Taurat, Injil, dan Alqur’an. Semua Kitab Suci isinya aturan yang baik…semua kitab suci yang tulis manusia ….kalo anda2 saling menghujat agama ..berarti anda termasuk menghujat Allah ! jangan berdebat tentang antar agama ! yang timbul saling membenci….terus berantem ! gak mutu lah ! akuur aja yuuuk ?

  18. klo kalian pada mengejek ….lihat tuh si Iblis pasti senang dan ber-Sorak sorak ! jangan mau di adu domba ! orang cerdas pasti cinta toleransi !

  19. @fia
    law mahu tau . tunggu d hari pmbalasannya nanti ya.. kamu bisa menanya nya sendiri kenyataan yg kamu tulis ni.mengucap lah banyak2 ya.itu mungkin bisa jf fitnah ya saudara fina . minta keampunan dr ALLAH S.W.T.

  20. Ya allah,, komentar2 dia atas yg menfitnah nabi Muhammad SAW dan Nabi Isa As bener2 sadis bgt. Parah ajaaaa =,= kaga takut apa lo sama azab nya Allah? Pikir dulu baru komentar ya =) emang sih sesama antar-umat beragama kita harus saling toleransi, tapi kan gak usah ngefitnah gitu dong. Paarraahhh bgt. ASTAGFIRULLAH ALAZIM

  21. Nabi Isa adalah Juru Selamat bagi umat Nasrani. DIA lah Allah yang maha kuasa yang mati dan bangkit pada hari ketiga . Tidak ada yang lain di dunia ini yang mampu menyelamatkan umat manusia dari mati kekal. Percayalah kepadaNYA dan bertobatlah.

  22. cerita diatas itu benar. Kitab injil itu (kata pakar dari amerika) udah banyak yang diubah manusia dari zaman ke zaman karena pendeta yahudi pada masa itu menganggap kitab tersebut tidak sejalan dengan ajaran yang mereka anut dan mengubahnya seiring perkembangan zaman, sehingga turunlah kitab suci Al-Qur’an yang berisikan tentang ajaran yang benar dan kita dituntut untuk melaksanakan ajaran tersebut hingga akhir zaman

  23. Ketepatan sikap adalh dasar semua ketepatan. Tdk ada penghalang keberhasilan bila sikap anda tepat, & tidak ada yg bs menolong bila sikap anda salah.

  24. Kalau kalian para nasrani menyembah isa (yesus) kami kaum muslim jg bertakwa kepada isa (yesus) tp sebagai nabi (rasul) tidak sebagai tuhan, karna tuhan kami itu ESA dan dia adalah Allah SWT. Bukan isa (yesus) yg sebagai mana orang nasrani sembah. Karna isa (yesus) itu sebenarnya adalah manusia yg d angkat menjadi nabi (rasul) utusan Allah SWT.

  25. ass, terimakasih untuk ceritanya sekarang saya jadi lebih paham tentang nabi Isa as, dan alhamdulilah ternyata agama yang paling benar adalah islam. yang tentunya nabi Isa as juga menganut islam. Apakah itu sebabnya orang2 kristian bisa kita sebut “kafir” (maaf)? semoga dengan membaca cerita ini, orang kristian segera bertobat kepada ALLAH SWT.

  26. Hahaha…….kita cuman manusia. Kita terbatas akal budi. Siapa yang kita anut itulah cermin kata2 kita. Kita semua ciptaan Nya….yang berhak menilai itu Dia. Sebenarnya yang lebih mulia dan tidak mengajarkan peperangan itulah yang harus kita anut, maka tutuplah mulutmu dan diam lah. Apa arti pembelaan kita atas keyakinan kita??kemarahan dan benci…..apakah kita mendapakan amal dari permusuhan itu.renungilah.

  27. tidak ada paksaan dalam beragama, hidup adalah pilihan. . pilihlah agama yang sesuai dengan kebutuhanmu.. jangan ikut-ikutan.

  28. aku brsaksi tiada tuhan slain allah swt
    n aku brsaksi bhwa muhammad utusan allah

    dan isa as adlh nabi yg d muliakan allah swt
    mka bt org yg mngtakan dy sbagai tuhan org kristen
    itu suatu pmbodohan
    hnya org2 yg mngakui isa adlh yesus sbgai tuhan
    itu smua buta dan teman’a iblis d neraka

    bt fia yg sudah brkomentar ttg nabi ku nabi muhammad
    anda adlh slh 1 dr pnghuni neraka jahanam
    allah gk akn memaafkanmu krna kau tlah lncang mnghina kekasih’a

    allahu akbar!!!

  29. aku brsaksi tiada tuhan slain allah
    dan aku brsaksi bhwa muhammad utusan allah

    dan nabi isa as adlh org yg d muliakan oleh allah swt
    bgi ssorg yg sudah mnanggap isa adlh yesus atau tuhan org kristen
    itu adlh suatu pmbodohan
    mreka adlh org2 yg merugi dan teman’a iblis

    bt fia yg sudah brkoment ttg nabi ku nabi muhammad
    kau adlh slh 1 dr penghuni neraka jahanam
    kau sudah brani menghina kekasih allah swt
    mudah2n kau sdar dngn mksud ucpn mu itu

    allahu akbar 3x

  30. Bismillah, Mariyah Al-Kibtiyyah merupakan salah seorang daripada isteri Nabi Muhammad Sallahu’alaihi Wa Sallam. Beliau merupakan seorang budak yang dihadiahkan oleh Raja Muqaudis dari Iskandaria Mesir. Selain Aisyah r.a, Mariyah Al-Kibtiyyah adalah seorang gadis semasa Nabi Muhammad Sallahu’alaihi Wa Sallam menikahi beliau. Pada ketika itu beliau berumur 25 tahun manakala Nabi Muhammad Sallahu’alaihi Wa Sallam berumur 59 tahun. Antara tujuan Nabi Muhammad Sallahu’alaihi Wa Sallam menikahi beliau adalah untuk kemerdekaan beliau daripada perhambaan dan menjaga keimananan Mariyah Al-Kibtiyyah. Rujukan:Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec (Nio Gwan Chung). Muhammad SAW The Super Leader Super Manager :Pro LM Center. hlm. 109,(Table 6.3) Wallahu’allam.

  31. Carilah Allah dlm Al Qur’an surat al ikhlas, bhw Allah itu satu, Allah lah tmpat meminta, DIA tidak beranak, dan DIA tdk diperanakkan, dan TIDAK ada SATUpun yg MENYAMAI-NYA.

    Krn perdebatan anda sekalian inilah nanti nabi ISA a.s diturunkan Allah ke bumi untuk meluruskan kmbali umat yg sesat.

    Bertaubatlah sbelum hari kiamat, semoga Allah memberikan rahmatNya kpd kita semua. Amin..

  32. Bahwa nabi ISA AS telah ditolong oleh ALLAH SWT dan diselamatkan ke langit, sedang yudas stas kehendak ALLAH SWT telah diubah persis/mirip nabi ISA AS, maka Yudaslah(bentuk fisik spt ISA AS) yang di salib, Yudas takut dan berteriak meminta tolong, akan tetapi tidak ada yang percaya kalau YUDAS (Mirip ISA AS) Adalah YUDAS, makanya tidak ada yang menolong selama di salib (Karena Yudas atas kehendak ALLAH diubah fisiknya seperti ISA AS)

    Mengenai Nabi ISA AS akan turun lagi ke bumi sebelum akhir zaman (Sebelum kiamat adalah benar), orang orang kristen bertepuk tangan atas kedatangan ISA AS, Akan tetapi ISA AS turun hanya mengingatkan dan memberitahukan ” SEMBAHLAH ALLAH SWT TUHAN YANG MAHA ESA. Karena nabi ISA AS termasuk orang mukmin atau islam yang bertauhid kepada ALLAH SWT”, mungkin ini terjadi karena pertikaian dan perbedaan agama yang dianutnya selama ini melenceng dan salah paham

    Kisah ini mungkin juga zaman nabi MUSA AS dan DAUD AS, Kaumnya mengikuti ajarannya mengesakan dan menyembah ALLAH SWT, akan tetapi setelah nabi MUSA dan DAUD wafat… Kaumnya bertolak belakang dengan ajarannya,… Maka lahirlah nabi ISA AS putra MARYAM untuk meluruskan ajaran MUSA AS dan DAUD AS.

    Sebelum ISA AS wafat pengikutnya mengesakan Allah SWT dan menyembah ALLAH SWT, Akan tetapi setelah Nabi ISA wafat, pengikutnya mulai bertolak belakang dengan ajaran nabi ISA AS

    Karena nabi ISA AS paling mulia (lahir dari maryam tanpa ayah) dan punya banyak mukjizat, oleh para pengikutnya dijadikan TUHAN… padahal lahir dari bunda maryam tanpa ayah, itupun lahir karena kehendak Allah SWT, dan turun dari langit.

    Berbahagialah umat kristiani yang hidup pada waktu nabi ISA AS akan datang kembali sebelum akhir zaman/kiamat… karena umat kristiani akan diluruskan ajarannya, kalau yang selama ini salah ” SEMBAHLAH ALLAH SWT TUHAN YANG MAHA ESA ” Nabi ISA AS tergolong orang mukmin atau islam

    COPAS

    BCA NIEH BWAT FIAAA

  33. Yang di salib itu namanya Yudas Iskariot, dia adalah sahabat Nabi Isa AS sekaligus penghianatnya, maka dari itu Allah SWT merubah wajahnya menyerupai Nabi Isa dan di salib oleh orang2 yahudi, dan Nabi Isa AS sendiri telah diselamatkan dan diangkat ke langit oleh Allah SWT atas permohonan dan do’anya supaya kelak nanti di hari akhir Beliau bisa menjadi salah satu pengikut Nabi Besar Muhammad SAW dan do’a itu dikabulkan oleh Allah SWT.. Dan sebelum diangkat Nabi Isa AS sempat berpesan bahwa kelak akan datang Nabi terakhir penutup para Nabi yaitu Nabi Muhammad SAW itu adalah benar, dan Beliau juga berpesan bahwa nantinya Islam dan Kristian akan terbagi menjadi 72 golongan, dan kenyataannya adalah benar Islam terbagi menjadi (sunni,muhammadiyah,si’ah dll), dan kristian terbagi menjadi (katolik,protestan,yehova dll), tapi ajaran yg paling benar dan sempurna adalah ajaran yang kelak dibawa oleh Nabi Besar Rosulullooh SAW yaitu Islam yg lahir dan mengikuti segala peraturan yg telah di tetapkan oleh Allah SWT melalui Al-qur’an dan Al-hadist… karena sesungguhnya Kitab Injil itu adalah Al-qur’an yang telah disempurnakan berdasarkan wahyu Allah SWT yg diturunkan melalui Nabi Muhammad SAW

    Balas

    • Kalau aku tinggal dikamar,seakan akan kamarku bau kentut menurutmu,padahal kamu belum pernah masuk,coba masuk dulu ,tiap hari kusapu dan dilengkapi penghisap udara untuk sirkulasi agar udara dalam kamarku tetap segar dan yang lebih penting kuberi pewangi jadi dijamin kalau kamu masuk akan nyaman duduk disisi manapun. Ini lo sdrku muslimin n muslimat agama itu,mungkin bau kentut di kamarmu tdk masalah bagimu silahkan hisap ampe habis jangan persoalkan kamar orang,bagaimana kamu mengatakan lebih mengetahui sejarah kamar orang, kapan dibuat kapan selesai siapa pembuatnya dengan bahan apa dll sedangkan kamu belum pernah masuk juga bukan pembuat dan pemilik kamar itu.Pesan saya berharap kamu tetap iman tetap islam,yg pria lakukan sunah nabi mulai perbanyak istrimu supaya lebih siap melayani 72 bidadari di surga ,wanita n anak diberi kepuasan batin nonton pria pria minum khamar yg masih dilak/segel sambil melakukan adegan yg …………..dikasih tahu nggak ya……. paling juga dah tahu ,kalau lupa baca lagi biar alloh dan nabinya senang.Tak kasih ayat ya, surat 145 ayat 1.Janganlah kamu hai wanita dan anak anak ,merasa iri, risi dan geli saat kamu melihat pria pria menerima pahala dari alloh didalam surga padahal kamu ada ditempat yang sama tetapi hendaklah kamu memperhatikan dengan seksama dengan mata melotot agar terpuaskan batinmu dan jangan sekali kali timbul dalam hatimu rasa iri…. cek uuuueeenake rek …….karena itu sudah ditetapkan bagimu oleh alloh dan nabimu amiiiiiinnnnnn. Ini bukan ngurusi kamar orang lo kebetulan ayat khusus kan nggak ada jadi kubuatkan sebagai dukungan saya agar tetap semangat tetap iman dan tetap islam

  34. KeBENARan tidak sama dengan keYAKIN-an
    BENAR tidak sama dengan YAKIN
    Si A YAKIN bahwa bumi datar (sebelum terbutki bumi itu bulat, ini keyakinan mayoritas)
    Si B YAKIN bahwa bumi bulat (sebelum terbukti, waktu itu sangat minoritas)
    Di antara 2 keyakinan di atas, yg BENAR toh salah satunya,yaitu bumi itu BULAT.
    Umat Kristiani YAKIN Yesus itu Tuhan, sehingga mereka menyembahnya.
    Umat Islam YAKIN Nabi Isa as itu seorang Rasul, utusan Tuhan, sehingga tidak layak disembah, krn yg berhak disembah hanya Allah Swt, Tuhan semesta alam. Di antara 2 keYAKINan ini, insya Allah hanya satu yang BENAR.

  35. ya allah ya tuhan ku buka kan lah hati umat umat yg bukan islam supaya memahami bahawa hanya islam agam yang satu … aminnn

  36. Yesus yg mati ditiang salib bkanlah yudas. logika bsakah yudas bangkit dari kmatiannya (klo memang dia bukan tuhan) yudas iskariot seorang muridnya. krn masalah ekonomi dia mengkhianati yesus. dan yesus akan datang kedua kalinya untuk menempatkan orang hidup dan mati.

  37. Sementara pengikut Nabi Isa lainnya yang selamat dari pengejaran, terus berdakwah menyebarkan ajaran Nabi Isa secara sembunyi-sembunyi.Sementara pengikut Nabi Isa lainnya yang selamat dari pengejaran, terus berdakwah menyebarkan ajaran Nabi Isa secara sembunyi-sembunyi.

    Sebelum diangkat ke langit, Nabi Isa menyampaikan kabar kepada para pengikutnya bahwa akan datang seorang nabi dan rasul bernama Ahmad. Nabi dan rasul yang dimaksud Nabi Isa ialah penutup dari seluruh nabi dan rasul, yakni Nabi Muhammad SAW. Ahmad sesungguhnya nama lain dari Nabi Muhammad SAW, yang ajarannya akan melengkapi seluruh ajaran nabi dan rasul sebelumnya.***

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s